Monday, 14 September 2015

8 Taman Nasional Cantik di Pulau Sulawesi


(Foto: jayanjayan.com)

Published on GabeBoni

Pulau Sulawesi merupakan pulau terbesar nomor empat di Indonesia dan terbesar ke-11 di dunia. Di pulau ini, terdapat 8 taman nasional dimana dua di antaranya sudah sangat populer yaitu Taman Nasional Bunaken dan Taman Nasional Wakatobi. Sementara ke enam lainnya juga tidak kalah indah, dimana masing-masing taman nasional memiliki keunikan. Berikut delapan taman nasional yang tersebar di Pulau Sulawesi.


Taman Nasional Bunaken
Sebelum Raja Ampat populer, Taman Nasional Bunaken di Sulawesi Utara menjadi taman nasional tersohor di Indonesia. Letaknya yang berada di segitiga terumbu karang menjadikan Taman Nasional ini terkenal sebagai habitat spesies terumbu karang yang berjumlah sekitar 300 spesies dan bermacam-macam spesies ikan berjumlah sekitar 90 spesies. Selain itu, Bunaken juga memiliki berbagai spesies burung, reptil, mamalia laut, dan hutan mangrove yang menjadi habitat kepiting, moluska, lobster, dan burung laut. Taman Nasional Bunaken merupakan taman laut pertama yang didirikan di Indonesia.

Taman Nasional Wakatobi
Taman nasional ini berada di Sulawesi Tenggara, tepatnya di Kabupaten Wakatobi. Luas arealnya yang mencapai 1,39 juta hektar menjadi habitat bagi aneka ragam hayati laut, seperti gugusan terumbu karang dan berbagai spesies ikan. Ada ratusan jenis terumbu karang dari puluhan family yang dapat ditemukan di sepanjang garis pantai. Selain itu, Taman Nasional Wakatobi juga memiliki sekitar seratus spesies ikan warna-warni, berbagai jenis penyu, raja udang erasia, dan berbagai jenis burung laut seperti cerek melayu dan angsa batu cokelat.

Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung
Taman nasional ini lebih dikenal dengan nama TN Babul yang berada di Sulawesi Selatan. Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung dijuluki The Kingdom of Butterfly oleh Alfred Russel Wallace, oleh karena banyaknya kupu-kupu di taman ini. Sedikitnya ada 250 spesies kupu-kupu di Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung dan 20 jenis di antaranya dilindungi oleh pemerintah. Selan kupu-kupu yang menjadi daya tarik utama, TN Babul juga memiliki keindahan alam lain seperti air terjun, karst, gua alam, gua prasejarah, dan lembah bukit kapur dengan vegetasi tropis.

Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai
Taman Nasional yang berada di Sulawesi Tenggara ini memiliki 4 tipe ekosistem yakni hutan bakau, hutan hujan tropika dataran rendah, hutan rawa, dan savanna. Ada 3 tujuan wisata yang dapat dikunjungi disini yaitu Rawa Aopa, Gunung Watumohai, dan Pantai Lanowulu. Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai memiliki keanekaragaman flora seperti alang-alang, tiot-tio, kasumeeto, nona, kayu angin, uwi, dan saninten, dan keanekaragaman fauna seperti anoa, babirusa, kuskus, bajing perut merah, dan singapuar.

Taman Nasional Bogani Nani Wartabone
Taman nasional ini didirikan pada tahun 1991 dengan menginspirasi nama Pahlawan Nasional Indonesia yaitu Nani Wartabone. Kawasan taman nasional di Sulawesi Utara ini memiliki keanekaragaman flora seperti kayu hitam, kayu besi, kayu inggris, cempaka, metayangan, nantu, palem, rotan, bunga bangkai, hanjuang hijau, dan paku-pakuan. Sementara itu keanekaragaman faunanya terdiri dari 24 jenis mamalia, 11 jenis reptil, 38 jenis kupu-kupu, 19 jenis ikan, 125 jenis aves, 2 jenis amfibi, dan 200 jenis kumbang. Ada lima objek wisata di kawasan taman nasional ini yang dapat dikunjungi yaitu Air Terjun Mengkang, Habitat Maleo Tambun, Air Terjun Tumpah, Air Terjun Lombonga, dan Gua Batu Berkamar.

Taman Nasional Kepulauan Togean
Taman nasional di Kepulauan Togean ini sangat kaya akan terumbu karang dan berbagai macam biota laut langka. Di kepulauan ini, kamu dapat melihat hutan mangrove dan hamparan rumput pantai nan luas yang menjadi sumber makanan dugong. Taman Nasional Kepulauan Togean memiliki sedikitnya 33 jenis mangrove, 262 jenis terumbu karang, 555 jenis moluska, 596 jenis ikan, dan 90 jenis burung. Selain itu, ada juga penyu hijau, penyu sisik, kuskus, rusa, biawak togean, mnyet togean, babi rusa togean, tangkasi, dan ketam kenari.

Taman Nasional Lore Lindu
Taman nasional di Sulawesi Tengah ini menjadi habitat bagi mamalia asli Sulawesi bertubuh besar seperti anoa, kera hantu, kera kakaktonkea, babirusa, kuskus marsupial, rusa, dan musang Sulawesi. Sedikitnya taman nasional ini memiliki 5 jenis bajing, 38 jenis tikus, 55 jenis kelelawar, 230 jenis burung dan ribuang serangga aneh nan cantik.

Taman Nasional Taka Bonerate
Taman nasional di Sulawesi Selatan memiliki kawasan atol terbesar nomor 3 di dunia setelah Kepulauan Marshall dan Kepulauan Maladewa. Ada 15 pulau di kawasan taman nasional ini yang bisa dijadikan tempat untuk menyelam, snorkeling, dan wisata bahari lainnya. Taman Nasional Taka Bonerate memiliki berbagai jenis flora seperti pohon kelapa, cemara laut, pandan laut, dan ketapang, 261 jenis terumbu karang, dan 295 jenis ikan karang.


No comments:

Post a Comment