Monday, 24 August 2015

Lestariku-Chrisye



Seperti biasa lagu-lagu Chrisye selalu mampu membuat saya mengangguk-angguk, menepuk-nepuk tangan ke barang apa saja di sekitar, dan mengikuti ia bernyanyi. Seperti lagu Lestariku ini.


Lentera di dalam kalbu 
Nampak benderang kini 
Mengusik tidurku
Terdengar kicauan
Burung menyambut sang surya

Dalam nyanyian bahagia
Seakan damai dunia ini 
Tiada terperi 
Selelap tidurku 
Serasa alam mimpi

Kubuka jendela kamarku 
Terasa sejuk hawa 
Merasuk di kalbu
Sudikah kau esok 
Kujelang sehangat rindu 
Semesra kasih dalam pelukan 
Dihiasi bunga-bunga aneka rupawan

Kau dambaan insan 
Sepanjang masa bagi hidupku 
Mungkinkah kau kan kubawa serta
Dalam alunan nada
Lestariku bijana
Ataukah hanya angan semata 
Kumelambung jauh ke alam mimpi

Pertama kali mendengar lagu ini, rasanya kok seperti benar-benar zaman dahulu ya, cukup berbeda bila dibandingkan dengan lagu Chrisye lainnya yang lebih terdengar modern. Tapi justru karena terdengar jadullah, lagu ini benar-benar apik menurut saya, diputar berapa kali pun saya tetap mengangguk-angguk mengikuti iramanya, terlebih bila sudah sampai refrain.
"Mungkinkah kau kan kubawa serta. Dalam alunan nada. Lestariku bijana. Ataukah hanya angan semata. Kumelambung jauh ke alam mimpi" 

Chrisye adalah salah satu musisi hebat Indonesia. Dengan suaranya yang berkarakter dan lagu-lagunya yang berbahasa alam, Chrisye tampil sebagai legendaris. Bahkan saat beliau sudah berpulang ke rumah Tuhan pun, karyanya tetap enak untuk dinikmati. Generasi 2010-an seperti adik saya juga sangat menikmati lagu-lagu Chrisye.

Oh ya, saya kurang tahu apa arti "bijana" pada bait terakhir. Di kamus online saya menemukan artinya Tanah Air. Benar atau tidak, saya belum tahu.

2 comments:

  1. Artikelnya bagus dan bermanfaat, ada website lagi yang menawarkan informasi tentang tempat Tempat Wisata Jogja ?

    ReplyDelete
  2. Ada banyak website yang mempromosikan pariwisata Jogja, tapi menurut saya yang paling enak dibaca, lengkap, dan up to date, hanya yogyes.com :)

    ReplyDelete