Saturday, 22 August 2015

10 Istilah Dalam Dunia Perkuliahan Untuk Kamu Calon Mahasiswa

Kamu sudah dinyatakan lulus SMA dan sebentar lagi akan menjadi mahasiswa. Tapi kamu masih bingung dengan all about perkualiahan, karena banyak yang bilang kalau dunia SMA dan dunia kuliah itu berbeda jauh. Emang iya ya? Jelas saja ya. Namanya juga Mahasiswa. Ada kata “Maha” yang berarti kedudukannya paling tinggi di antara semua jenjang pendidikan. Masih bingung? Jangan khawatir! Artikel ini akan ngebantu kamu untuk memahami istilah-istilah dalam dunia perkuliahan. Yuk simak bersama.

Dosen Pembimbing Akademik
Dosen Pembimbing Akademik atau biasa disingkat Dosen PA adalah dosen walimu selama kamu berkuliah yang dipilih oleh pihak kampus. Mau kamu kuliah 4 tahun atau 7 tahun, dosen PA-mu tetap sama sampai akhir. Dosen PA ibarat orangtuamu di kampus. Beliau adalah tempatmu berkonsultasi segala sesuatu tentang perkuliahan. Biasanya Dosen PA memegang 3 mahasiswa dalam satu angkatan. 

KPM
KPM adalah singkatan dari Kartu Pengenal Mahasiswa yang bisa kamu dapatkan setelah resmi menjadi mahasiswa di universitas tersebut. Kartu ini sama saja seperti kartu pelajar, yakni sebagai tanda bahwa kamu adalah mahasiswa universitas tersebut. KPM ini nggak boleh hilang, karena kamu bakalan ribet untuk mengurus penggantiannya. 

KRS
Sebelum kamu memulai perkuliahan, kamu harus mengisi KRS atau Kartu Rencana Studi. Di sinilah beda sekolah dan kuliah. Sekarang kamu dituntut untuk mandiri dalam memilih mata kuliah yang kamu inginkan sesuai dengan daftar yang diberikan pihak kampus. Setiap semester kamu harus mengisi KRS yang disetujui oleh Dosen PA-mu, karena harus disesuaikan dengan jumlah SKS yang kamu dapatkan berdasarkan IP di semester sebelumnya dan kemampuan kamu sendiri. 

SKS
SKS atau Satuan Kredit Semester inilah yang menjadi patokanmu mengambil mata kuliah. Jika kamu mendapat jatah untuk mengambil 24 SKS, itu berarti kamu bisa mengambil 8 mata kuliah 3 SKS. Biasanya kalau mata kuliah 2 SKS hanya teori dan belajar di kelas saja. Sedangkan mata kuliah 3-4 SKS biasanya ditambah praktikum, asistensi, atau fieldtrip. 

IPK
Kayaknya ini nggak terlalu asing deh sama kamu. Kamu sudah pasti sering dengar celotehan mahasiswa tentang IPK mereka. IPK atau Indeks Prestasi Kumulatif merupakan akumulasi semua nilai dari semua semester yang akan dibacakan saat yudisum fakultas. Bisa bilang IPK ini adalah nilai ala perguruan tinggi. Dan skala IPK dimulai dari 1,00-4,00. 

UTS/UAS
Sama seperti sekolah, perguruan tinggi juga menerapkan UTS dan UAS. Hanya saja, dosen berhak menentukan apakah ada UTS atau tidak. Bisa saja dosen menitikberatkan semua nilai pada UAS. Satu lagi bedanya, baik UTS maupun UAS dalam kuliah tidak harus ujian tulis. Tidak jarang dosen meminta mahasiswanya untuk membuat esai ataupun karya tulis untuk pengambilan nilai.

SP
SP atau Semester Pendek merupakan program kuliah jangka pendek yang biasanya dilaksanakan seusai semester genap. Di sinilah kamu dapat memperbaiki nilaimu yang belum sampai B. Kerena ini adalah semester singkat, otomatis waktu dan pikiranmu akan benar-benar dipaksa untuk memahami mata kuliah tersebut. 

Kuliah Kerja Nyata (KKN)
Ini adalah bentuk kontribusi kepada desa tertentu. Biasanya mahasiswa akan diberikan waktu minimal sebulan untuk hidup di desa bersama masyarakat. Di sanalah kamu akan mempelajari kearifan lokal, masalah yang terjadi dalam desa tersebut, dan berdiskusi bersama tokoh-tokoh desa untuk mendapatkan solusinya. Tapi tidak semua jurusan mengharuskan KKN. Ada beberapa jurusan yang menjadikan KKN sebagai mata kuliah pilihan, sehingga  bisa dilakukan, bisa juga tidak. 

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)
Inilah ekstrakurikuler ala mahasiswa. Kamu dapat memilih UKM mana yang kamu mau sesuai minat dan bakatmu. 

Praktik Kerja Lapangan (PKL)
Sebelum mencapai tahap skripsi, kamu akan diminta untuk melakukan Praktik Kerja Lapangan untuk mendapatkan pengalaman di dalam dunia kerja. Mahasiswa pertanian bisa memilih di perkebunan. Mahasiswa ekonomi bisa memilih di bank. Yang pasti kamu harus memanfaatkan waktu PKL ini dengan baik sebagai bekalmu mencari kerja nanti.

Mungkin kamu masih bingung dengan 10 istilah ini. Tapi saat kamu menjalaninya nanti, kamu nggak akan bingung lagi kok. Welcome to college, yay!

No comments:

Post a Comment