Wednesday, 8 July 2015

10 Tips Mudik Sehat Dengan Mobil Pribadi


Tidak terasa sebentar lagi Hari Lebaran akan datang dan itu berarti Mudik Lebaran akan segera dimulai. Tradisi Mudik Lebaran yang telah membudaya sejak dahulu di Indonesia membuat tradisi ini sulit dihilangkan. Tidak ada satu pun yang ingin kehilangan momen merayakan Lebaran bersama sanak saudara dan handai taulan. Menjelang Lebaran, jalanan pun kian ramai dipenuhi berbagai transportasi yang mengangkut para pemudik dan tidak sedikit dari mereka yang menggunakan mobil pribadi untuk dapat sampai di kampung halaman masing-masing. Berikut beberapa tips mudik dengan menggunakan mobil pribadi yang telah disusun : 

Persiapkan Kondisi Mobil Sebaik Mungkin
Ini merupakan hal penting yang harus diingat sebelum bepergian. Pastikan mobil dalam keadaan baik dengan memperhatikan kondisi aki, rem, oli mesin, ban, air radiator, lampu, dan lain sebagainya. Akan lebih baik jika mobil diperiksa terlebih dahulu kelengkapannya di bengkel resmi. Kondisi mobil yang baik akan membuat perjalanan lebih lancar dan tidak terhambat.

Berangkat Sebelum Puncak Arus Mudik
Setiap tahunnya jumlah arus mudik kian bertambah. Pastikan anda dan keluarga telah menyusun rencana yang bijak, kapan akan berangkat, pagi hari, siang, atau malam hari. Tidak ada salahnya menghindari puncak arus mudik.

Persiapkan Kondisi Tubuh yang Fit
Tidak peduli seberapa jauh atau seberapa dekat jarak yang harus ditempuh, menjaga kondisi tubuh tetap fit adalah hal penting yang harus dilakukan. Pastikan anda telah beristirahat sebelum memulai perjalanan. Jangan lupa untuk membawa obat-obatan, seperti obat maag, obat anti mabok, obat kepala, obat luka dan obat lainnya serta vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh anda. Selipkan kantong plastik di antara obat-obat yang anda bawa untuk berjaga-jaga jika ada anggota keluarga yang mabuk perjalanan.

Persiapkan Makanan yang Sehat
Sekalipun bulan puasa masih berjalan, tidak ada salahnya bila anda dan keluarga membawa makanan yang sehat dan terjamin kebersihannya. Hal ini dapat menghindari anda untuk membeli makanan di warung-warung yang belum tentu terjamin kebersihannya.

Persiapkan Tanda Pengenal
Kemungkinan dicegat oleh Polisi Lalu Lintas di tengah perjalanan selalu ada. Untuk itu, persiapkanlah tanda pengenal anda dan keluarga, juga SIM dan STNK kendaraan anda untuk menghindari masalah.

Pelajari Rute Mudik
Menjelang Mudik Lebaran, pemberitaan rute mudik marak diberitakan, baik itu di stasiun TV, radio, koran, dan media massa lainnya. Pastikan anda selalu memantau perkembangan rute tersebut untuk menghindari kemacetan. Aplikasi Google Maps yang dimiliki gadget anda dapat anda berdayakan.

Menyetir dengan Stabil
Tidak perlu terburu-buru dan tidak perlu terlalu lambat. Nikmati saja perjalanan anda dengan menyetir yang stabil agar tenaga anda tidak cepat habis dan jangan mudah terprovokasi untuk adu balap di jalanan.

Jangan Menelepon saat Menyetir
Banyaknya kecelakaan mobil yang terjadi seringkali disebabkan oleh kebiasaan pengemudi yang menelepon saat menyetir. Hindari menelepon saat menyetir, karena akan membuat anda tidak fokus terhadap jalanan dan kendaraan di sekitar anda . Jika memang mendesak, cobalah untuk menepi sejenak.

Malu Bertanya Sesat di Jalan
Kondisi jalan hampir selalu berubah setiap waktunya, apalagi jika anda hanya mudik setiap satu tahun sekali. Jangan malu bertanya jika anda merasa salah jalan. Biasanya pos-pos mudik selalu disediakan di sepanjang  jalan utama. Anda dapat bertanya kepada pihak pos mudik, kantor kepolisian terdekat ataupun penduduk setempat.

Berdoa
Hal yang paling sering dilupakan, yang nyatanya merupakan hal esensi dalam setiap perjalanan kehidupan. Berdoalah sebelum berangkat supaya Tuhan menyertai perjalanan anda dan keluarga hingga selamat sampai di tujuan.

Selamat mudik. Semoga perjalanan anda menyenangkan. 


*Dari berbagai sumber

No comments:

Post a Comment